Rabu, 18 Maret 2009

Penanganan Operasi

Penanganan Proses dalam System Operasi
 Penanganan proses dalam system operasi meliputi multiprogramming,multitasking,penyimpanan virtual,time sharing,dan multiprocessing.

 a. Multiprogramming adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan.Konsep multiprogramming bisa diibaratkan sebagai pekerja yang tak hanya menangani satu pekerjaan,tetapi juga menangani pekerjaan lain,sehingga tak ada waktu yang terbuang.

 b. Time sharing adalah suatu metode yang dipakai system operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai yang berinteraksi dengan proses yang dibuatnya secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama.Time sharing merupakan pengembangan lebih lanjut dari multiprogramming. 
 
 c. Penyimpanan virtual adalah suatu metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut kedalam bagian yang lebih kecil dan berukuran sama.Metode seperti ini diterapkan antara lain pada Windows.,

 d. Multitasking adalah kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama.Cara ini sangat umum dalam system PC.

Dengan menggunakan system operasi Windows,seseorang dapat menjalankan program Word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program Excel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam tabel.Pemakai dapat berpindah dari satu program aplikasi yang satu dengan program aplikasi yang lain dengan mudah.  
 
e. Multiprocessing adalah kemampuan system operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secaa serentak dengan menjalankan sejumlah CPU dalam sebuah komputer.Melalui system ini kita dapat mengatur sejumlah CPU untuk menjalankan instruksi yang berbeda dalam sebuah program. 

0 komentar: